Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Qunut Nazilah Lengkap Beserta Text Arab, Latin dan Artinya

Doa qunut nazilah lengkap beserta text arab, latin dan artinyaLyricsreligi.com - Doa Qunut Nazilah merupakan doa yang biasa anjurkan untuk dibaca saat waktu-waktu tertentu. Misalnya, saat ada musibah yang menimpa, bencana alam, bencana kemanusian, wabah penyakit dan lain sebagainya. 

Qunut secara bahasa mempunyai makna beragam, yaitu ketaatan, shalat, berdiri lama, diam, dan berdoa. Makna terakhir inilah yang paling masyhur. Adapun nazilah bermakna musibah besar yang menimpa manusia seperti diserang musuh, kekeringan, pandemi (wabah penyakit yang berjangkit serempak di mana-mana atau meliputi daerah geografis yang luas), bahaya besar yang menimpa kaum muslimin (atau sebagiannya) dan semisalnya.

Sebagai Hamba-Nya, tak kala tengah terkena bencana baik itu bencana alam atau kemanusiaan atau bahkan tengah mengalami wabah sudah selayaknya memohon perlindungan dari Allah SWT. Karena kepadanya lah kita meminta pertolongan dan kepadanya pulalah memohon perlindungan. Manusia diwajibkan ikhtiar dengan berusaha menghindar agar tidak tertimpa, kemudian terus diiringi doa munajat kepada Allah dan terakhir bertawakkal. Itulah yang bisa dilakukan manusia sebagai hambaNya. 

Doa qunut nazilah dibaca sama seperti saat qunut subuh, yaitu dibaca saat bangkit dari ruku’ pada saat rakaat terakhir (I’tidal)
Pun tidak ada batasan waktu tertentu dalam pelaksanaan qunut nazilah. Di sunnahkan doa qunut nazilah sampai musibahnya hilang.
Dalam prakteknya, mazhab Imam Syafi’i,  doa qunut Nazilah tidak ada bacaan khusus yang mesti dibacakan. Sehingga dapat menggunakan bermacam doa sesuai dengan konteks nya. Namun sunnahnya membaca doa qunut yang popular yang biasa dibacakan saat sholat subuh. 

اَللهم اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ، إِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، إِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ

Artinya, “Ya Allah, tetapkanlah diriku dalam hidayah bersama orang-orang yang Engkau beri hidayah, berilah diriku afiyat (terhindar dari keburukan) bersama orang-orang yang Engkau beri afiyat, jagalah diriku bersama orang-orang yang Engkau jaga, berkahilah bagiku pada anugerahyang telah Engkau berikan, jagalah diriku dari keburukan yang telah Engkau tentukan. Sungguh Engkau yang memberi keputusan dan tidak ada yang dapat merusak keputusanmu. Sungguh tidak akan hina orang yang Engkau bela. Maha banyak kebaikan-Mu dan maha luhur Engkau dari segala keserupaan.” 

Bisa juga dengan membaca doa qunut Nazilah seperti dibawah ini. Karna doa ini mengandung makna doa yang lebih spesifik yaitu memohon perlindungan dari marabahaya dan malapetaka.

Berikut doa Qunut Nazilah Lengkap:

 اَللَّهُمَّ اهْدِنِى فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِى فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِى فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِى فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِى شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ
اَللَّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلاَءَ وَالْبَلاَءَ وَالْوَباَءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Doa Qunut Nazilah Teks Latin:

Allahummahdiini fiiman hadait. Wa’aafini fiiman ‘afait. Watawallanii fiiman tawallait. Wabaarik lii fiima a’thait. Waqinii syarrama qadlait. Fainnaka taqdhi walaa yuqdho ‘alaik. Wainnahu laa yadzillu man waalait. Tabaarakta rabbana wata’aalait. Wastaghfiruka wa atuubu ilaik.
Allahummadfa’ ‘annal ghalaa’a wal balaa’a wabaa’a wal fahsyaa’a wal munkara was suyuufal mukhtalifata wasy syadaa’ida wal mihana maadhahara minhaa wa maabaathana min balaadinaa haadhaaa khaassatan wa min buldaanil muslimiina aammatan. Innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.
Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi washahbihi wa shallam.

Artinya:

“Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk. Dan berilah aku keselamatan di antara orang-orang yang telah Engkau beri keselamatan, uruslah diriku di antara orang-orang yang telah Engkau urus, berkahilah untukku apa yang telah Engkau berikan kepadaku, lindungilah aku dari keburukan apa yang telah Engkau tetapkan, sesungguhnya Engkau Yang memutuskan dan tidak diputuskan kepadaku, sesungguhnya tidak akan hina orang yang telah Engkau jaga dan Engkau tolong. Engkau Maha Suci dan Maha Tinggi. Aku mohon ampun kepada Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau.”
“Ya Allah Tuhan kami. Hindarkanlah kami dari malapetaka, bala dan bencana, kekejian dan kemunkaran, sengketa yang beraneka, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan tersembunyi dalam negara kami khususnya, dan dalam negara kaum muslimin umumnya. Sesungguhnya Engkau Ya Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu.”
“Semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.” 

Lalu bagaimana dengan volume suara, apakah doa qunut nazilah pada saat sholat selain sholat subuh dibaca dengan suara keras (jahar) atau dibaca dengan pelan (sir)? Menurut Imam An-Nawawi, baik shalat yang sunnah bersuara pelan yaitu zuhur dan asar, atau yang sunnah bersuara keras yaitu maghrib dan isya, hukumnya sama seperti doa qunut shalat subuh. Yaitu untuk Imam menurut qaul ashah sunnahnya dengan suara keras; orang yang shalat sendirian (munfarid) sunnahnya dengan suara pelan; dan untuk makmum bila mengikuti qaul ashahmaka sunnahnya mengamini doa qunutnya imam dan tidak sunnah membaca qunut sendiri.

Demikianlah pemaparan mengenai doa qunut nazilah. Semoga bisa bermanfaat buat khalayak banyak dan bias menjadi ladang pahala buat kita semua. Aamiin

Post a Comment for "Doa Qunut Nazilah Lengkap Beserta Text Arab, Latin dan Artinya"