Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Sapu Jagat; Tiga Kebaikan Dalam Satu Doa

doa sapu jagat tiga kebaikan dalam satu doa
Liricsreligi.com - Doa merupakan salah satu ibadah kita kepada Allah Azza Wajalla, dengan berdoa kepada Allah Azza Wajalla kita bisa merubah takdir, karena doa memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Oleh karena itu ketika kita memiiki masalah-masalah besar dalam hidup maka perbanyaklah doa, dan hindari mengeluh ataupun marah, karena ini termasuk ciri orang yang tidak sabar.
Selain itu doa juga sebagai wujud pengakuan bahwa hanya kepada Allah Azza Wajalla saja lah kita meminta dan memohon pretolongan. Banyak doa-doa yang bisa kita panjatkan di setiap waktunya, salah satu doa yang bisa kita panjatkan adalah doa sapu jagat. Mungkin banyak diantara kita yang belum tau makna luar biasa dari doa sapu jagat ini.


وَعَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:اللَّهُمَّ آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa doa yang paling sering dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah, “ALLOHUMMA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR. (Artinya: Ya Allah, karuniakan kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka).” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, 8:187-188; Muslim, no. 2690]

Doa Sapu Jagat sama dengan doa dalam ayat,

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

ROBBANAA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR.

Artinya: Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka. (QS. Al-Baqarah: 201)

Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sering membaca doa sapu jagat karena doanya sungguh penuh makna yang mencakup tiga makna:

1. Meminta kebaikan di dunia
Ibnu Katsir rahimahullah menyatakan, “Doa sapu jagat ini berisi permintaan kebaikan di dunia seluruhnya dan dihindarkan dari seluruh kejelekan. Yang dimaksud kebaikan dunia adalah nikmat kesehatan, rumah yang lapang, istri yang penuh dengan kebaikan, rezeki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal saleh, kendaraan yang menyenangkan, pujian yang baik, serta kebaikan-kebaikan lainnya dengan berbagai ungkapan dari pakar tafsir.
2. Meminta kebaikan di akhirat
Adapun kebaikan di akhirat yang diminta dalam doa ini tentu saja lebih tinggi dari kebaikan di dunia yaitu dimasukkannya ke dalam syurga, dibebaskan dari rasa khawatir (takut), diberi kemudahan dalam hisab (perhitungan amalan) di akhirat, juga kebaikan dan nikmat di akhirat yang paling tinggi yaitu bertemu dengan Allah Azza Wajalla, yang harus kita impikan dan perjuangkan dengan terus memperbanyak kebaikan-kebaikan. Serta berbagai kebaikan akhirat lainnya.
3. Meminta diselamatkan dari api neraka
Permintaan diselamatkan dari siksa neraka mengandung permintaan agar kita dibebaskan dari berbagai sebab yang menjerumuskan kita kedalam neraka yaitu dengan dijauhkan dari perbuatan buruk, perbuatan yang haram dan dosa, dan diberi petunjuk untuk meninggalkan hal-hal yang syubhst (yang masih samar/abu-abu) dan hal-hal yang haram.

Manfaat dari doa sapu jagat

1. Dianjurkan memperbanyak doa ini karena doanya yang singkat dengan lafazh yang sedikit, namun sudah berisi permintaan kebaikan dunia dan akhirat.
2. Doa dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kebanyakannya memakai doa ini dan ini diambil dari ayat, doa ini kandungannya padat mencakup doa seluruhnya, yaitu di dalamnya terdapat permintaan nikmat dunia, nikmat akhirat, dan diselamatkan dari siksa neraka.
3. Para sahabat radhiyallahu ‘anhum semangat menjaga sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menerapkannya

Demikianlah penjelasan dari doa sapu jagat berikut manfaat yang bisa kita ambil ketika kita bisa istiqomah membaca doa ini. Semoga hadirnya doa ini bisa menjadi sarana untuk terus istiqomah memohon doa kepada Allah Azza Wajalla. Amiin Ya Robbal ‘Aalamiin.
Allahu ‘alam bishowab.

1 comment for "Doa Sapu Jagat; Tiga Kebaikan Dalam Satu Doa "

  1. Do''a singkat yang memiliki manfaat besar.

    www.keepburger.com

    ReplyDelete