Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Sayyidul Istighfar Lengkap Beserta keutamaan dan Artinya

Doa sayyidul istighfar lengkapt beserta keutamaan dan artinya
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh
Alhamdulillah wassolatu wassalamu ‘ala Rasulillah wa ba’duh.

Lyricsreligi.com - Doa Sayyidul Istighfar Lengkap Beserta keutamaan dan Artinya - Di dunia ini tidak ada manusia yang luput dari dosa. Bahkan dosa sekecil apa pun itu, karna memang pada hakekatnya manusia adalah tempat salah dan dosa. Sayang nya banyak sekali manusia yang tidak menyadari hal ini, ada yang sadar, namun terlena dengan kebiasaan – kebiasaan yang justru membuatnya terus menerus terjerumus dalam kesalahan dan dosa. Seyogya nya sebagai manusia mesti paham batul kelemahan yang sangat mendasar ini.

Manusia diciptakan tidak lain untuk beribadah kepada Allah SWT. Ini adalah Patokan dasar yang wajib dipegang erat sebagai manusia. Jangan sampai lupa apa lagi melupakannya. Maka sebik – baik manusia adalah yang apa bila melakukan salah dan dosa bersegera introkpeksi diri dan memohon ampunan-Nya. Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa manusia yang apabila ia berdosa dan bersalah segera memohon ampun dan bertaubat dengan sebaik- baik taubat.

Ada banyak sekali doa-doa yang Rosulullah SAW telah ajarkan kepada umatnya guna mengharap ampunan dari Allah SWT dan dibalik doa-doa itu ada keutamaan-keutamaan yang sangat besar yang Allah berikan kepada hambanya.

Ada doa yang Rosulullah SAW namakan sebagai rajanya doa yaitu doa Sayyidu Al Istighfar. Berikut lafaz adalah doanya:

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya ”Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau, Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku, aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau”.

Ini adalah doa yang sangat dianjurkan baginda Nabi Muhammad SAW untuk didawamkan (dirutinkan) dalam berdoa. Apalagi manusia adalah letak nya salah dan dosa.

Dalam doa ini terdapat pengakuan manusia akan Allah SWT sebagai Tuhan nya. Tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah. Pengakuan seorang hamba Allah sebagai Tuhanya. Mengakui perjanjian yang dulu sebelum lahir ia sanggupi. Mengakui atas segala salah dan dosa yang sering dilakukan. Memohon ampun dan menohon perlindungan atas prilaku nya yang salah. Kemudian menyatakan tidak ada yang maha pengampun dosa selain Allah SWT. 

Doa sayyidul istighfar terdapat keutamaan yang luar biasa jika dirutinkan membacanya dengan penuh keyakian. Berikut salah satu keutamaan luar biasa dari doa sayyidul istighfar yang perlu diketahui.

Keutamaan sayyidul istighfar:

Dalam Hadist Rosulullah SAW diterangkan: 

عَنْ شَدَّادِ بْنِ أَوْسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : سَيِّدُ الْاِسْتِغْفارِ أَنْ يَقُوْلَ الْعَبْدُ اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ  مَنْ قَالَهَا مِنَ النَّهَارِ مُوْقِنًا بِهَا ، فَمَـاتَ مِنْ يوْمِهِ قَبْل أَنْ يُمْسِيَ ، فَهُو مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ ، وَمَنْ قَالَهَا مِنَ اللَّيْلِ وَهُوَ مُوْقِنٌ بِهَا فَمَاتَ قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ ، فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ  

Artinya:

Dari  Syaddad bin Aus Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , “Sesungguhnya Istighfâr yang paling baik adalah seseorang hamba mengucapkan : ALLAHUMMA ANTA RABBII LÂ ILÂHA ILLÂ ANTA KHALAQTANII WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHA’TU A’ÛDZU BIKA MIN SYARRI MÂ SHANA’TU ABÛ`U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA WA ABÛ`U BIDZANBII FAGHFIRLÎ FA INNAHU LÂ YAGHFIRU ADZ DZUNÛBA ILLÂ ANTA (Ya Allâh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau).
(Beliau bersabda) “Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk penghuni surga.

Syurga yang Allah SWT janjikan bagi orang yang membacanya dengan penuh keyakinan bahwa Allah SWT maha segalanya. Tuhan semesta alam yang menciptakan manusia sebagai hambanya dan dicaptakannya hanya untuk beribadah kepada Nya. Yakin bahwa Allah lah yang maha permberi ampun. Yakin akan segala ketentuan Allah tebaik bagi hambanya. Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah SWT. Yakin dengan seyakin – yakin nya hanya Allah-lah semata.

Semoga kita semua termasuk ahli ibadah dan ahli istighfar. Memohon petunjuk agar selalu diberi hidayah dan taufiq dalam mengarungi kehidupan yang fana ini. Aamin. Wallahu’alam bi sowab

Wassalamualaikum warahmatullaahi wabarkaatuh

Post a Comment for "Doa Sayyidul Istighfar Lengkap Beserta keutamaan dan Artinya"