Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sholawat Tibbil Qulub Penyembuh Penyakit Lahir dan Batin

Sholawat tibbil qulub penyembuh penyakit lahir dan batinLyricsreligi.com -  Bersholawat kepada junjungan Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa Sallam merupakan suatu anjuran bagi umat islam. Hal ini diterangkan dalam Al Qur’an sebagai berikut:

إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya” (QS. Al-Ahzab: 56).

Makna sholawat Allah kepada Nabi dalam ayat di atas adalah Allah senantiasa merahmati dan meridhoi Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi wa sallam, sedangkan makna sholawat malaikat adalah malaikat mendoakan dan meminta permohonan ampun untuk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallahm.

Sebagaimana kita ketahui bahwa lafaz sholawat ini terdapat banyak sekali. Setiap lafaz sholawat, mempunyai keutaman-keutamaan tersendiri. Salah satu sholawat yang sering dilantunkan di masyarat adalah sholawat Tibbil Qulub.

Makna dari sholawat Tibbil Qulub adalah “obat/penyembuh hati”. Juga banyak yang mengatakan bahwa sholawat ini disebut dengan sholawat Nurul Abshor yang aritnya “cahaya mata hati”

Berikut lafal sholawat tibbil Qulub lengkap beserta latin dan artinya:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ   

Sholawat Tibbil Qulub latin

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin thibbil qulûbi wa dawâ-ihâ wa ‘âfiyatil abdâni wa syifâ-ihâ wa nûril abshâri wa dliyâ-ihaa wa ’alâ âlihî wa shahbihî wa sallim.   

Artinya: 
“Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.”

Atas izin Allah Subhanahu wa ta’ala sholawat Tibbil Qulub, akan diberikan kesehatan lahir dan batin serta akan disembuhkan dari berbagai penyakit bagi orang yang membaca sholawat Tibbil Qulub dengan kaifiyah atau cara membaca yang umum dan membacanya dengan istiqomah dalam bilangan berapa pun.

Cara membaca sholawat Tibbil Qulub secara khusus, umumnya berbeda -beda tergantung pada ijazah kiyai atau ulama yang mengijazahkannya bacaan ijazah ini, agar dibaca dalam bilangan tertentu. Salah satu kaifiyah khusus dalam membaca sholawat tibbil qulub adalah sebagaimana diterangakn dalam kitab Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini berikut: 

إنها صيغة الطب الظاهر والباطن تقرأ ألفين على أي مرض وقيل أربعمائة فيشفى بإذن الله   

“Shalawat ini merupakan lafal shalawat penyembuh lahir dan batin. Dibaca 2000 kali untuk menyembuhkan segala penyakit. Dan menurut sebagian pendapat dibaca sebanyak 400 kali, maka penyakit tersebut akan sembuh atas seizin Allah” (Syekh Yusuf bin Ismail, Sa’adah ad-Daraini fi as-Shalat ala Sayyid al-Kaunaini, Cet. Darul Kutub al-‘Ilmiyyah, hal. 26)

Semoga kita bisa mengamalkan sholawat Tibbil Qulub secara istiqomah dengan penuh rasa cinta kepada baginda Nabi Muhammad Sallallahu ‘alaihi wa sallam dan menjadi penyembuh dari segala macam penyakit lahir dan batin. Aamiin 

Post a Comment for "Sholawat Tibbil Qulub Penyembuh Penyakit Lahir dan Batin"