Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Bercermin dan Artinya Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Dalam berbagai kesempatan semua orang ingin tampil baik dan pantas dalam keadaan sesederhana apa pun itu. Oleh karnanya, ada banya sekali cara agar tubuh ini terlihat menarik di mata orang lain. Sederhananya bisa dengan berhias di depan cermin yang ada di rumah. 

Aktifitas bercermin dari jaman dulu hingga sekarang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap manusia. Baik itu anak kecil, dewasa, bankan orang tua sekali pun. Faktanya cermin sudah menjadi barang wajib yang harus ada didalam rumah atau kamar. Bahkan tidak sedikit didapati banyak sekali jumlah cermin dalam satu rumah dari aneka macam bentuk dan ukurannya.

Dalam ajaran Islam juga mengajarkan agar manusia terlihat baik dan sopan saat berada di khalayak banyak. Agar berbusa yang rapi dan menutup aurat. Baik itu laki-laki maupun perempuan. Cermin ini menjadi alat membantu manusia agar bisa mengoreksi penampilan apakah sudah baik dan rapi. 

Saat bercermin umat islam disunnahkan agar membaca doa seperti yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW. Berikut doa saat bercermin:

Doa Bercermin dan Artinya Sesuai Sunnah

للَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِي

“Allahumma kamaa hassanta kholqi fa hassin khuluqi”

Artinya : Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah kejadianku, maka perindah pulalah akhlakku. (HR. Ahmad).

Rosulullah SAW menganjurkan berdoa saat bercermin tentu terdapat manfaatnya. Berikut keutaman dan manfaaat membaca doa saat bercermin

Keutamaan dan Manfaat membaca doa Ketika bercermin

Doa Bercermin dan Artinya Sesuai Anjuran Rasulullah SAW
1. Dapat menambah rasa syukur terhadap apa yang telah dikaruniakan Allah SWT

Dalam Al Qur’an dikatakan bahwa siapa yang bersyukur atas rizki yang Allah berikan maka Allah akan menambah rizki kepada hamba-Nya.

2. Menurunkan rasa ego dan kesombongan

Dengan bercermin sepatut nya kita sadar bahwa semua yang ada pada diri ini hanyalah milik Allah. Seyogyanya sebagai manusia biasa tidak berlaku ego dan sombong kepada sesama.

3.  Menambah rasa taqwa kepada sang Khalid (Pencipta)

Berdoa saat bercermin secara tidak langsung bisa menambah rasa taqwa kepada Allah SWT sebagai maha pencipta segala nya karna melibatkan Allah dalam setiap aktivitas.

4. Menambah Cantik dan tampan

Dalam Al Qur’an menyebut barang siapa yang bersyukur maka akan ditambah atas rizki yang diberikan dalam hal ini adalah kecantikan atau pun ketampadan. Maka dengan banya bersyukur sudah tentu Allah akan menambah cantik dan tampan bagi hambanya yang bersyukur.

5. Meningkatkan kesadaran agar selalu menjaga dan merawat apa yang telah diberikan Allah SWT

6. Menambah kepercayaan diri.

Dengan berdoa saat bercermin akan lebih meningkatkan kepercayaan diri.

Demikian doa Ketika bercermin yang sesuai ajaran islam. Semoga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa menambah keberkahan dalam hidup.

Wallahu’alam bishowab.

Post a Comment for "Doa Bercermin dan Artinya Sesuai Anjuran Rasulullah SAW"